Peredam Suara

suara berisik mobil ertiga PEREDAM SUARA honda city PEREDAM SUARA MOBILIO

Jakarta: Suara mesin, suara ban hingga suara desiran angin yang terdengar di dalam kabin mobil, pastinya membuat suasana mobil dan berkendara menjadi kurang nyaman. Terlebih di mobil-mobil yang usianya sudah berada di 10 tahun dan terkenal rentan bermasalah dengan peredaman.

Ada baiknya Anda mencoba memasang peredam pada mobil yang ternyata memiliki banyak fungsi. Pemasangan bisa dilakukan pada mobil keluaran lama ataupun yang baru. Pastikan Anda memasang peredam sesuai kebutuhan, dan kenali jenisnya sebelum dipasang.

Banyaknya merek yang beredar di pasaran,  namun, hanya terdiri dari beberapa jenis material yang biasa digunakan yaitu material aspal, gel, dan bahan busa. Sesuaikan dengan penggunaan dan penempatan yang tepat di mobil agar fungsi peredam bekerja secara maksimal. Seperti plafon, pintu, dek bawah/lantai.

Menurut dcarz, untuk mengurangi bising pada mesin, dan panas pada kap mesin, bisa gunakan peredam berbahan alumunium yang dilapisi busa. Bahan ini dijual lembaran dan pada umumnya dipakai di kap mesin bagian dalam.

Sedangkan untuk mencegah panas dan kebisingan dari luar sebaiknya pada bagian plafon, pintu, dek bawah/lantai, dan frame dashbord/firewall menggunakan bahan meterial aspal karena lebih tebal, dan selain itu sangat bagus untuk meredam audio.

“Saya biasa memakai bahan dari material aspal (Automat) karena lebih kedap suara apabila musim hujan suara air yang jatuh tidak terlalu berisik, dan dapat meredam panas lebih optimal, sehingga ruang kabin jadi lebih dingin dan nyaman, selain itu untuk peredam audio juga lebih enak,”.

Untuk pemasangan menggunakan bahan material aspal pada sekeliling mobil yang meilputi plafon, pintu, dek bawah/lantai, dan frame dashbord/firewall biasanya dcarz memberikan tarif Rp2 juta. Sementara untuk pemasangan plafon saja, cukup membayar Rp1 juta,”.